Kamis, 21 Juli 2011

PENTINGNYA BERORGANISASI

Sudah genap 2 tahun aku berstatus sebagai mahasiswa di Jogja. Banyak yang aku lalui. Banyak orang-orang yang aku kenal, dari teman kuliah,teman kos, dan teman organisai. Awalnya aku masih ogah-ogahan untuk mendapat amanah di organisasi. Sepertinya, tak ada banyak hal yang aku dapatkan. Tapi kini, ternyata aku salah. Berorganisasi ternyata sangat penting. Menjadi orang yang sangat sibuk itu ternyata asyik.
Meskipun sekarang adalah waktunya liburan semester, aku merasa ada yang kurang saat aku tidak mendapat amanah. Undangan rapat yang rutin aku terima, yang dulu sangat kubenci, kini malah aku tunggu-tunggu. Aku juga merasa ada yang kurang saat ada event di kampus dan aku tak terlibat di dalamnya. Semoga ini adalah wujud dari keinginan untuk berkontribusi, bukan untuk niat lain.
Beberapa manfaat berorganisasi dari pengalaman pribadi:
1. Melatih kita untuk mengungkapkan ide di depan umum. Hal ini tentu sangat penting. Ide yang meluap-luap, akan sia-sia bila tidak dishare. Dan dengan berbagi ide, kita bisa mendapat umpan balik yang tentunya baik untuk perkembangan pemikiran kita. Dengan berorganisasi, kita akan bertemu banyak orang. Banyak inspirasi yang akan kita dapat.
2. Memperluas jaringan. Dengan berorganisasi, kita bisa mengenal orang yang beda fakultas misalnya. Dan hal ini akan sangat mempermudah untuk memperoleh informasi ataupun menyebar informasi. Yakin deh, semakin luas jaringan, itu akan mempermudah kita untuk menggapai sukses.
3. Melatih soft skill untuk bekerja nantinya. Sudah banyak diketahui bahwa bekal untuk masuk dalam dunia kerja tidak hanya IP yang cukup tapi kemampuan untuk membawa diri dan berinteraksi dengan banyak orang adalah hal yang juga penting. Dengan berorganisasi, kita akan sering berlatih untuk menghasilkan suatu keputusan bersama dan memenej diri.
Ayo berorganisasi!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar