Minggu, 12 Februari 2012

Bersabar terhadap teman


Subhanallah, Allah memang sengaja menciptakan kita berbeda-beda agar kita saling memahami, saling bersaudara. Orang-orang di sekitar kita juga tak ada yang sama kan? Dan butuh cara yang berbeda untuk menyikapi tiap orang yang berbeda. Dan aku suka dengan tantangan ini.. tantangan untuk mengenal banyak orang yang berbeda, dengan pemikiran berbeda. Tak jarang yang aku temui adalah orang yang apatis, aneh, menyebalkan, egois, argh!.. padahal bisa saja teman yang kita anggap menyebalkan malah menganggap diri kita lebih menyebalkan.
Yang benar adalah janganlah kita menilai orang lain dengan ukuran diri kita....karena tidak akan bisa. Standart kita beda dengan standart orang lain.
Dan sekarang, aku memang tak punya teman terdekat.. yap itu karena aku suka bergaul dengan siapa saja. Aku malah lebih memilih bergaul dengan orang yang berbeda tiap harinya. Menurutku itu mengasyikkan dan membuat kita tahu banyak sekali sudut pandang yang berbeda dengan kita.
Yang bisa aku harapkan adalah mengambil hikmah di tiap menit yang kulalui bersama dengan teman yang aku sukai atau yang gak aku sukai. Kuncinya adalah berfikir positif. Saat kita sedang bersama dengan orang yang tidak kita sukai, ingatlah kebaikan-kebaikan yang telah ia laukan pada kita. Memang berat, karena kita telah dibutakan oleh rasa tidak suka yang lebih dominan. Dan jangan lupa, kembalikan semuanya pada Yang Di Aatas. Dialah yang akan membalas apa-apa yang kita lakukan dengan ganjaran setimpal, bahkan lebih berkali-kali lipat..
Kewajiban kita pada orang di sekitar kita adalah dengan berbuat baik dan menghindari sikap yang dapat menyakiti hati mereka. Dan hikmah yang dapat kita ambil adalah jika kita sakit hati terhadap sikap tertentu seorang teman terhadap kita, ya kita jangan bersikap kaya gt kepadanya, juga pada yang lain..

Tetap pegang prinsip dalam berteman, Allah mengawasi kita dimana saja...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar