Senin, 30 Januari 2012

IRI


Sungguh iri merupakan penyakit hati yang paling berbahaya setelah sombong. Apalagi kalau iri ini tumbuh menjadi perasaan dengki yang menghalalkan segala cara untuk menjatuhkan orang yang kita merasa iri padanya. Jujur, aku sendiri sering merasa iri. Dan ternyata iri ini memang manusiawi. Siapa saja pasti pernah merasakannya. Tapi jangan salah, tak selamanya iri bersifat negatif. Ada juga iri yang positif lo.. Kenapa iri tersebut bisa dibilang positif? Iri bisa dikatakan positif bilamana pelampiasanya juga positif. Jadi sebenarnya iri bisa dijadikan cambuk untuk diri sendiri agar bisa berubah lebih baik lagi. Contoh ya..
Misalkan kita iri pada teman kita yang subhanallah dia sangat pintar. Tentunya iri adalah di saat kita tidak sepintar dia dan kita mengharapkan bisa jadi seperti dia kan? Nah, positifnya adalah jika kita mengobati iri tersebut dengan tekun belajar karena ingin minimal sepadan dengan teman kita yang pintar tadi. Dan tujuan sebenarnya adalah kita ingin bisa lebih pintar. Nah! Jadi iri dalam taraf ini bisa dibilang iri yang aman. Karena kita tidak sampai dengki atau berkeinginan mencelakakan teman yang kita iri kepadanya tadi.
Memang... susah. Susah memanajemen hati dari rasa iri. Tapi mari berusaha! Kalau berniat melakukan perubahan baik, Allah pasti membantu cuy!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar