Senin, 13 Februari 2017

CERITA CLODI

bismillah...

Apa sih clodi itu? Kali ini aku mau sharing pengalaman tentang clodi ini ya. Clodi adalah popok cuci ulang yang ramah lingkungan. Kenapa? Karena pospak alias popok sekali pakai itu tidak ramah lingkungan. WKWK

Clodi adalah salah satu sarana buat kita yang peduli lingkungan. Kalau ditanya kelebihan clodi dibandingkan pospak (popok sekali pakai), ya ini kelebihan dahsyatnya yaitu ramah lingkungan. Kita jadi sangat mengurangi sampah pospak. Bisa kita cari tahu sendiri deh apa dampak negatif yang disebabkan oleh sampah pospak. Kalau di Jepang, sudah ada tempat pengolahan sampah pospak. Ada proses daur ulang sampah pospak yang sistemnya sudah berkelanjutan. Di Indonesia belum ada. Masih banyak sampah pospak yang dibuang sembarangan. Masih banyak sampah pospak yang numpuk di sungai dan jadi penyebab banjir. Aku  pernah coba merendam pospak di dalam ember. Daya tampung pospak memang luar biasa. Setelah direndam, satu pospak aja bisa menggelembung sangat besar karena menyerap air. Dan aku coba memerasnya ternyata nggak bisa. Susah sekali. Keren sekali lah daya tampung pospak. Salu buat yang nyiptain pospak. Solutif buat mamak rempong, tapi sangat merugikan lingkungan. Salah satu bahan penyusun pospak adalah plastik. Plastik adalah musuh alam. Kita tahu itu. Plastik memerlukan waktu 50-100 tahun untuk terurai. Jadi plastik ini awet banget kalau mau dijadikan warisan. Tapi masa iya mau mewariskan sampah untuk anak cucu kita tersayang? Kalo dah jadi ibu, bakal ngrasain deh bagaimana semua-semua pengennya yang terbaik buat anak.

Ayo kurangi plastik! Tentu tidak mudah. Tapi Bagaimana lagi kalau tidak mulai dari diri sendiri?

Dari awal Pandu lahir, dia aku pakein popok kain biasa. Aku menyebutnya “popok beluk”.  Hingga akhirnya aku mengenal clodi. Menurutku menggunakan clodi adalah solusi terbaik setelah melihat permasalahan tentang sampah pospak. Aku memakaikan clodi kalau tidak salah saat Pandu menjelang 3 bulan. Karena apa? Karena pengen mengurangi pakai pospak.  Sebelum pakai clodi ya pesing dimana-mana. Kudu telaten gantiin clana kalao baby pipis. Trus setelah pake clodi? Tetep akhirnya pesing ya... tapi setidaknya intensitas ngganti popok lebih jarang. Clodi itu ya sama dengan popok kain, bedanya ada lapisan luar yang anti bocor dan pake bahan kain yang bisa nyerap. Dan sama dengan popok kain, dicuci ulang. Ada yang bilang pake clodi lebih hemat daripada pake pospak. Aku nggak pernah ngitung njlimet. Tapi kemungkinan besar memang bisa lebih hemat. Gampangnya, bandingin aja barang bisa dipakai lagi dan barang sekali buang. Dan dipakeknya itungan tahun kan. Sampe si baby bisa ke kamar mandi sendiri. Otomatis lebih hemat.

Aku nulis ini bukan mau iklan clodi xixi. Skali lagi kelebihan clodi adalah solutif untuk ramah lingkungan. Tapi kekurangannya tentu ada. Jangan bandingkan dengan pospak untuk masalah lain. Jujur deh, emang praktis banget pakai pospak. Tinggal pake, tahan lama, anti bocor, langsung buang. Nah kalo pake clodi, kudu nyuci, jemur, telaten ngganti, masi ada kemungkinan bocor, dan nggak bisa tahan lama. Semakin bayi tambah gede, pipisnya semakin banyak dan lebih cepat clodi penuh. Jadi kalau punya komitmen pake clodi kudu punya stok clodi lebih dari sepuluh. Belum lagi kalau musim penghujan, clodi akan lama kering. Kalau pengalaman Pandu yang sekarang 1 tahun, udah harus ganti clodi maks 2 jam. 

Oh ya, berdasarkan pengalaman lagi ni... clodi itu kemungkinan bocornya masi ada. Apalagi kalau bayi aktif atau tidurnya miring. Jadi kalau mau sholat ni misalnya, aku ganti baju sholat. Karena baju yang buat gendong Pandu pake clodi tadi masih meragukan kena pipis nggak y, begitu. Dan kalau mau keluar rumah semisal kondangan atau jalan-jalan agak lama, aku masih pake pospak. Cari aman. Kecuali keluarnya ke warung sebelah pake clodi aja nggak masalah. Jadi meskipun pake clodi, stok pospak tetep ada di lemari. Bukannya sama sekali nggak pake pospak, tapi sangat mengurangi penggunaan pospak. 

Oh ya, sampah pospak pun aku perlakukan semaksimal mungkin yang aku mampu agar bisa lebih ramah lingkungan. Aku siapkan 2 ember dan 1 plastik. Teknisnya begini, jika ada sampah pospak bekas pipis, aku masukkan ember pertama. Jika ada sampah pospak bekas pup, aku cuci dulu pupnya sampe bersih baru dimasukkan kantong plastik. Trus apa kegunaan ember kedua? Nah jika sampah pospak bekas pipis di ember pertama sudah lumayan banyak, aku pisahkankan seluruh gel dalam tiap sampah pospak bekas pipis dan aku simpan gel di ember kedua. Plastik bagian luarnya aku masukkan di kantong plastik. Jadi ember pertama buat penampung pospak bekas pipis sementara, ember kedua untuk nampung gel bekas pipis, kantong plastik sebagai penampung pospak bekas pup dan sampah plastik pospak bekas pipis. Untuk melakukan hal ini jangan lupa gunakan sarung tangan dan masker. Najis ijis ijis hehehe

Gel yang sudah terkumpul tadi bisa banget jadi media tanam di pot. Bisa juga dibuat kompos dengan bantuan bakteri em4. Atau kalau mau dibuang pun bisa langsung ke tanah biar daya serap tanah nambah bagus. Kan kemampuan serap gelnya luar biasah tu. Nah untuk sampah di kantong plastik 3 aku buang dengan menguburnya di tanah pekarangan. Di lubang bekas pohon pisang yang sudah mati. Tetep nyampah sih tapi nggak di sungai ya...dan inshaalloh diminimalisir.

Butuh telaten... tapi ada bahagia tak terkira. Wujud sayang kita pada anak kita, cucu kita, dan alam semesta.



 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar