Jumat, 18 November 2011

Pengalaman jadi coass praktikum

Menjadi co-Ass itu emm... sesuatu!
Tidak terasa memang.. kini aku sudah mencapai tahun ketiga masa pendidikan S1 di Jogja tercinta ini. Tak pernah aku berhenti bangga akan jurusanku. Yup inilah pilihanku. Malah pilihan pertama gitu loh!
Di semester 5 ini aku daftar untuk menjadi coass praktikum mikrobiologi industri. Alasan kenapa aku memilih bidang ini adalah ya menurutku ini adalah bidang yang paling cocok daripada praktikum yang lain. Masak-masak!!! Meskipun jujur aku kurang suka membahas mikrobiologi yang rempong itu.. udah kecil, ribet lagi. Tapi subhanallah.. banyak dari mereka yang bisa manusia ambil manfaatnya.
Di praktikum ini ada 6 acara pembuatan produk dan 1 acara yautu inovasi produk sekaligus analisa usahanya. Enam kandidat produk yang akan diinovasi adalah nata de coco, VCO, yoghurt, mocaf, tape ketela, dan tempe ..
Praktikum ini berlangsung kurang lebih satu bulan. Dan sekarang adalah proses koreksi laporan dan masa tenggang menuju responsi. Banyak pengalaman yang kau ambil dari sini:
1. Koreksi itu susah
Hmm.. aku dulu memang suka bidang ngajar mengajar tapi kalau sudah menyentuh pengkoreksian dan memberi nilai.. hmm.. aku kurang suka. Apalagi aku masih mahasiswa gini,, dan nilai praktikum adek angkatan bergantung pada kami. Wow... hatii-hati akan subyektifitas deh
2. Kita beda
Indonesia jelas beragam. Dalam satu lab aja sudah beragam sekali orangnya. Ada praktikan yang diem, ada yang aktif tanya, dan ada yang ngeyel (ini ni yang susah.. bikin geregetena!). tapi alhamdulillah bisa sabar
3. Tahu kemampuan kita
Pernah ya ada praktikan yang tanyanya mendalam sekali.. maksudnya jawabannya aku kurang faham.. yah akhirnya jawabannya adalah “dicari aja ya dek,,,ntar dimasukin pembahasan..”” hmm akhirnya aku juga harus cari tahu tentang itu. Dengan begini aku tahulah seberapa bodoh atau seberapa pinternya aku.. khususnya untuk bidang mikrobiologi industri.. wkwkw
Dan semua itu tertutup dengan melihat senyum mereka yangmerekah.. hehe kayak apa aja.
Di acara terakhir ada presentasi inovasi produk. Dua hari dengan 12kelompok presentasi perharinya...nggak bosen.. karena kenyang jadi tester produk mereka.
Good job dah!!! Aku bangga pada kalian... dan rekan-rekan coass lain,, senang bekerjasama dengan kalian.. eyin,mel,oyik,gabel,diana.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

arigato !!!