Senin, 27 Agustus 2012

KKN 1


KKN itu tidak menyeramkan. Meskipun awalnya aku beranggapan seperti itu. KKN adalah sebuah proses yang sangat mahal dan kita tidak bisa melewatkannya begitu saja tanpa kesan yang mendalam. Di sini aku belajar banyak hal dari attitude yang baik, komunikasi antar personal yang baik, cara bersosialisasi dengan masyarakat, cara rendah hati, cara berbicara di depan umu, cara memahami orang lain, cara hidup bersama banyak orang dengan banyak kemauan, dan banyak lainnya. Bisa  dibilang  KKN  ini  adalah wujud mini atau miniatur dari kehidupan yang sebenarnya. Seperti halnya tujuan KKN adalah sebagai pengabdian mahasiswa ke dalam masyarakat. Itulah hidup yang sebenarnya yaitu bermasyarakat dan memposisikan diri hingga berdaya guna bagi masyarakat.
Tak terasa aku sedang melewati proses ini. Mungkin aku akan sharing tentang pengalamanku selama KKN. Semoga bermanfaat. Langkah awal yang harus dilakukan sebelum melakukan sebuah proses KKN adalah perbaiki niat dahulu. Niat ini sangatlah penting. Dengan niat yang lurus, semua pekerjaan yang kita kerjakan akan kita laksanakan dengan enjoy dan tersaa ringan. Niatkanlah KKN sebagai ibadah untuk menggapai rihoNya. Janganlah terbebabi dengan jumlah SKS KKN atau terbebani karena harus menggunakan waktu liburan di tempat orang. Percayalah proses ini akan jauh lebih indah daripada sekedar liburan saja. Setelah memantapkan niat, cari kelompok KKN yang kita inginkan. Dalam pencarian ini ada banyak kriteria yang dipilih. Bisa saja kita memilih kelompok bersama dengan teman akrab yang kita kehendaki, bisa juga kita memilih daerah tujuan KKN. Ke Papua misalnya. Atau kita tinggal memilih tempat yang sudah disediakan universitas. Dan banyak kriteria lain yang bisa menjadi acuan untuk memilih. Dan ingat, tim KKN ini akan hidup bersama selama 1-2 bulan jadi perlu dipikirkan secara matang untuk pemilihannya.
Setelah mendapatkan kelompok KKN yang cocok, usahakan datang di setiap rapat rutin yang dilaksanakan. Ikuti perkembangan secara up date. Kalau bisa, tempetilah posisi strategis dalam tim ini. Dengan memikul tanggung jawab tertentu, kita akan lebih hati-hati dalam bekerja dan hasil yang akan kita dapatkan tentu akan lebih baik. Ikuti semua prosesnya dengan santai tapi serius. Kenapa santai? Karena KKN ini bukanlah hal yang menyeramkan tapi justru sangat menyenangkan. Kita belajar langsung praktek dalam masyarakat. Tak seperti ujian semester yang membuat keringat dingin. Kenapa serius? Karena sasaran kita adalah masyarakat. Kita harus menghormati masyarakat yang akan kita datangi karena sejatinya kita adalah orang baru di sana. Sering datang rapat rutin juga akan mengakrabkan kita dengan semua nggota tim. Kesolidan tim sangat berguna dalam kinerja KKN. Semua pekerjaan butuh totalitas, janganlah setengah-setengah.
To be continued....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar