Minggu, 08 Desember 2013

C Family untuk Indonesia

Masyarakat sekarang ini mulai pintar dalam memilih produk. Era back to nature sedikit banyak mempengaruhi masyarakat untuk memperhatikan apa yang mereka konsumsi. Meningkatnya permintaan terhadap produk pangan sehat alami merupakan bukti meningkatnya kesadaran masyarakat dalam memperhatikan kesehatan. Salah satu produk sehat alami adalah produk herbal. Produk herbal kini banyak ditemukan dimana-mana dan diprediksi prospeknya akan terus meningkat setiap tahun. Peluang ini juga dimanfaatkan oleh C family. C family merupakan tim usaha yang menghadirkan inovasi baru yaitu produk teh ciplukan. Tim usaha yang  baru berumur 2 tahun ini mencoba untuk terus maju, berkomitmen untu mewujudkan mimpi mereka untuk mendirikan perusahaan pangan alami kebanggaan Indonesia. Intin Nurwati sebagai manajer utama, Denok Kumalasari sebagai manajer produksi, dan Rahmi Wijayanti sebagai Manajer Pemasaran, terus melakukan pengembangan usaha di samping kegiatan kuliah di Fakultas Teknologi Pertanian UGM.
Produk yang dihasilkan oleh C Family adalah teh ciplukan dengan merk “Salwa” setelah menggantikan merk pertama yaitu “Cip Cup Tea”. Produk ini berupa teh celup dengan spesifikasi konsumen adalah penderita diabetes dan hipertensi. Pemasaran teh ciplukan memaksimalkan media online dan pameran. Media online dirasa menyediakan kemudahan untuk masyarakat luas dalam mengakses. Ditambah lagi, kecangkihan teknologi dan komunikasi di kalangan masyarakat menjadi hal positif yang bisa digunakan secara efektif dan efisien bahkan saling menguntungkan satu sama lain. Hal inilah yang menjadikan  C Family yang berproduksi di Yogyakarta, dapat menjangkau hampir seluruh pulau di Indonesia dalam hal pemasaran. Dan hingga kini respon masyarakat terhadap Teh Salwa cukup positif serta C Family bertekad untuk terus meningkatkan pelayanan.
Usaha ini dirintis pada tahun 2011 berawal dari keinginan Intin, Denok, dan Rahmi untuk membangun usaha bersama. Ide yang muncul tak jauh-jauh dari bidang mereka yaitu Teknologi Industri Pertanian. Ide awal adalah ide sederhana tentang tanaman ciplukan yang melimpah, tumbuh liar, tidak bernilai ekonomi, namun memiliki khasiat beragam bagi kesehatan terutama untuk mengobati diabetes dan hipertensi. Mereka tertantang untuk mengolahnya menjadi produk yang bernilai tinggi sehingga khasiat tanaman ciplukan dapat dirasakan oleh banyak orang. Ide tersebut akhirnya di ajukan pada program Pekan Kreatifitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dewan Pendidikan Tinggi (Dikti) pada tahun 2011. Meskipun tidak lolos hingga babak Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS), namun C Family berhasil mendapatkan hibah modal sebesar 7 juta rupiah.
Dua puluh dua Januari 2012 ditetapkan sebagai hari lahirnya C Family dengan segala komitmennya untuk mensukseskan produk teh ciplukan yang mereka hasilkan Banyak tantangan menghadang termasuk diantaranya adalah banyak masyarakat kota yang menjadi segement pasar teh ciplukan belum paham dan tidak mengenal tanaman ciplukan apalagi manfaatnya. Hal ini menuntut untuk dilakukannya edukasi dan promosi yang masif. Meskipun rintangan selalu berdatangan, hal tersebut tidak menyurutkan langkah C Family dikarenakan mereka mempunyai passion di bidang wirausaha. Hal inilah yang menjadi alasan mereka menikmati segala proses yang dilalui.
Sekarang produk teh ciplukan telah berkembang dan beredar semakin luas di pasaran. Produk ini juga sudah mengantongi ijin pemasaran produk berupa No IRT dan Halal MUI. Dalam hal produksi, C Family bekerjasama dengan LIPI Gunung Kidul yang menyediakan fasilitas laboratorium sebagai tempat produksi teh ciplukan. Proses produksi teh ciplukan diawasi langsung oleh pihak LIPI sehingga kualitasnya terjamin. Harapan C Family adalah produk ini terus berkembang sehingga dapat menjadi produk lokal kebanggaan Indonesia.
          Pada Oktober 2013, C Family yang diwakili oleh Intin Nurwati berhasil meraih Juara III Kompetisi Wirausaha Pemula Nasional bidang Jasa Boga yang diselenggarakan Kemenpora. Prestasi ini menjadi motivasi bagi C Family untuk terus berkarya dan mewujudkan mimpi mereka untuk Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar