Jumat, 20 Desember 2013

Jika Masalah Datang

     Ada kalanya kita merasa jenuh dengan semua kegiatan yang ada. Wajar-wajar saja seperti itu, apalagi kita menghadapi masalah. Apa itu masalah? Masalah adalah sesuatu hal atau kondisi yang membuat kita tidak nyaman. Mau tidur kepikiran, mau makan kepikiran, apalagi jika sampe nggak bisa tidur atau nggak doyan makan. Pernah nggak ngrasain seperti itu? Malah ada yang akhirnya menyendiri dan nggak mau diganggu. Tutup pintu rapat sampai cahaya matahari pun enggan untuk masuk melalui celah-celah yang ada. Jika kamu belum pernah merasakan seperti itu, bersyukurlah. Tapi hidup nggak akan indah jika datar-datar aja kan. Ada kalanya kita membutuhkan masalah datang. Pada saatnya kita akan sadar bahwa masalah datang bukan datang untuk menyiksa tapi untuk membuat kita agar bisa lebih dewasa. Dan ingat sobat semua, Allah nggak akan memberikan maslah di luar kemampuan kita. So, jangan kwatir sedikitpun. 
      Allah selalu bersama kita. Dan yang paling penting kita harus sadar bahwa apapun yang terjadi pada kita entah kebaikan atau keburukan, semua itu tergantung bagaimana kita menghadapinya. Kunci awal adalah positif thingking. Saat masalah datang, jangan sampai kita menyerah dan melampiaskannya dengan melakukan hal-hal buruk. Jenuh, bosan, galau, stres, itu bisa berarti kita sedang dalam masalah lo. Trus bagaimana cara menyelesaikannya? Kembali lagi yang pertama adalah kita harus positif thingking. Khusnudzon sama Allah. Positif thingking memang terlihat gampang, tapi gampang-gampang susah untuk melaksanakannya lo. Apalagi jika keadaan kita sedang tidak baik. Jangan sampai dikuasai emosi lah pokoknya. Kemudian yang kedua adalah kita bisa melakukan hal-hal positif. jika kamu suka nulis, ya menulis lah. atau kamu suka mancing ikan di kali? lakukanlah. Apapun yang kamu anggap asyik, lakuin aja. Nggak usah banyak mikir. Pada saat pikiran tidak jernih, lakukan apa yang kamu suka. Tapi nggak nyalahi aturan juga ya. 
     Nah trus cara ke tiga ni yang menurutku cara paling the best deh. Yaitu membereskan semua yang membuat kita tidak nyaman. Misalkan bangun tidur, kamar berantakan kayak kapal pecah. Bereskan saat itu juga. Saat kamar bersih dijamin deh pikiran kita lebih fresh apalagi jika kita menikmati prosesnya. Bisa saja kita nemu uang pas mberesin barang-barang. Padahal tu ya uang kita sendiri yang dulu nyelip. hehe. :D Bisa juga dengan ganti model rambut, minta maaf pada teman jika ada masalah, bersihin kamar mandi, atau semua hal yang produktif lakukanlah, walaupun sekedar potong kuku. 
     Apapun yang kamu lakukan, asal jangan ngelamun. Kalau mau tidur bagaimana? bolehlah... hahaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar