Selasa, 22 Desember 2015

SETAHUN DORABON, ALHAMDULILLAH..

Tanggal 10 januari 2016 nanti adalah tepat setahun Dorabon. Aku mempersiapkan beberapa merchandise untuk keluarga serta karyawan Dorabon untuk kenang-kenangan. Setahun yang lalu, tepatnya 10 januari 2015 aku mulai mencatat keuangan Dorabon. Aku memulai membuat administrasi dorabon dengan baik. Khususnya keuangan. Pencatatan tentang Dorabon dimulai sejak saat itu hingga akhirnya hari itu diputuskan untuk menjadi hari lahir Dorabon. Kalu ditanya kapan awal mula jualan Dorabon, tepatnya adalah 14 November 2015 aku sudah mulai melaunching Dorabon setelah lebih dari 10 kali melakukan trial error untuk menciptakan abon ayam kriuk produk pertama Dorabon. Waktu itu masih dengan merk Bonabon. Kemasan pun masih apa adanya.  

Banyak yang terjadi selama setahun ini. Yang jelas aku sangat sangat  bersyukur semua berjalan dengan lancar. Kendala-kendala yang ada adalah bagian dari proses yang harus aku lalui untuk mengembangkan usaha ini. Harga bahan baku yanng melambung, komplain konsumen, salah beli mesin, hingga usaha keras untuk melunasi hutang Dorabon. Alhamdulillah semua terlewati dengan sangat baik. Aku merasa kasih sayang Alloh nggak ada habis-habisnya. 

Sebelumnya aku menjalankan usaha bersama dengan tim yaitu teman kuliah. Ada pembagian tugas di sana. Dan sekarang, semua benar-benar kulakukan dengan mandiri, owner merangkap admin, marketing, hingga kurir xixixixi. 

Kekuatan terbesar adalah kekuatan doa dari orang tua dan juga dukungan mereka. Selama ini ibu selalu mendoakan agar usaha ini berkembang sesuai dengan cita-citaku. Ibu selalu ikut terjun di dapur dan mengarahkan proses produksi agar lebih efektif dan efisien. Peralatan dapur hingga kompor juga masih numpang memakai punya Ibu. Bapak membantu memperbaiki alat dapur yang rusak, menyiapkan kayu bakar, bahkan sampai mencarikan sereh di kebun. Tak ada yang lebih mengharukan. Dukungan suami, kakak, dan seluruh anggota keluarga adalah motivasi terbesar. Teman-teman dekat juga banyak sekali yang menyemangati, mendoakan, serta memberi banyak masukan yang amat berarti. Dan alhamdulillah, selama perjalanan setahun Dorabon banyak sekali bertemu dengan orang baik. Website, desain label, brosur, neonbox, kartu nama, pembentukan harga, hampir semuanya... selalu ada orang yang berjasa di tiap bagian. Seakan-akan Dorabon adalah milik semua. Aku? Aku hanya anak yang beruntung.

Resolusi di awal tahun 2015, aku ingin Dorabon mempunyai 2 karyawan karena saat itu masih 1 karyawan. Alhamdulillah terpenuhi. Di tengah tahun 2015 aku menargetkan hutang dorabon lunas dan alhamdulillah terealisasi sesuai target yaitu di bulan Oktober 2015. Mesin-mesin produksi Dorabon sudah resmi 100 % menjadi aset Dorabon.

Tentang penjualan, mmm... grafiknya tidak cenderung naik. Masih naik turun. Namanya juga usaha, apalagi produk Dorabon belum dikenal secara luas. Masih perlu usaha keras untuk penetrasi pasar. Omset yang naik turun adalah tantangan tersendiri. Yang penting aku tetap kebagian gaji yang cukup. Kebahagiaan tersendiri adalah dapat membuka pekerjaan bagi 2 karyawan Dorabon meskipun belum gaji tetap. Dan bertambahnya pengalamanku dalam berjualan sungguh sangat mengasyikkan. Berkenalan dengan banyak orang baru, menjalin keakraban dengan reseller serta saling berbagi ilmu penjualan, serta menemui banyak tipe konsumen yang kadang mengaduk emosi. Alhamdulillah... Alhamdulillah... 

Resolusi Dorabon untuk 2016 sudah menanti. Semoga Dorabon menjadi produk yang bermanfaat, dan aku tetap semangat!

Apapu pilihan hidupmu, pastikan itu baik, yakini,,,perjuangkan!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar