Selasa, 12 Maret 2013

mengakrabi al qur an (drama)


Di siang terik yang melelahkan, sepasang mahasiswi baru keluar dari ruang kuliah seraya menenteng tas mereka yang terlihat cukup berat. Mereka mengobrol sambil berjalan menuju kantin kampus.

Nana : hufft.. nggak nyangka kuliah ternyata kaya gini. Jam kuliah ga teratur, intensitas tugas nggak teratur, dan akibatnya makan dan waktu tidurku juga nggak teratur. Aku kurusan nih.. hiks.. jadi inget rumah. Kalau di rumah aku suka banget sama gethuknya mbok Kety..
Ninik : mbok kety? Kety sharon? Gahol banget namanya. Bukannya kampungmu pelosok ya?! (sambil nyengir
Nana : plis deh nik.. kampungku emang pelosok di sana. Tapi lihat dunk produknya ni. Nana setiana binti Ngadenan. Putri bungsu yang baik hati, suka membantu ibu, dan suka gethuk demi mengangkat martabat makanan tradisional Indonesia.
Ninik : waw! Trus gue harus guling-guling, koprol, naik pohon, trus bilang pucuk-pucuk! Gt? Nana.. nana..
Nana : hehehe.. korban iklan loe! Jadi nama simboknya tu sebenere mbok katiyem. Banyak orang manggil mbok yem. Tapi aku manggilnya mbok kety..
           
Sampailah mereka di kantin. Mereka langsung memesan dua mangkok bakwan kawi dan menyantapnya dengan lahap. Percakapanpun disambung lagi.

Nana : alkhamdulillah.. mantaf banget ni bakso. Jadi pengen punya suami pinter masak bakso.
Ninik   : ih bulet lo ntar.. gmana kalo suamimu bingung bedain mana bakso dan mana istrinya?! Hehe

                        Tiba-tiba datanglah nunuk teman sekelas nana dan ninik. Ia datang sambil tergopoh-gopoh dengan muka berseri-seri seraya membawa poster besar bewarna merah jambu.Ninik langsung menghampiri nana dan ninik.

Nunuk ; assalamualakum
Nanik : waalaikumsalam..wr wb
Nunuk: eh aku dapet poster bagus ni. Ada pembukaan pendaftaran rumah tahfidz untuk mahasiswi. Dari dulu aku pengen banget kesana. Temeni dunk !!
Nana    : poster darimana cuy? Gede banget!
Nunuk : aku dapet dari papan pengumuman. Aku ambil aja tadi pas nggak ada orang.
Ninik : astaghfirullahaladziim.. nggak boleh kaya gutu Nuknuk!!
Nunuk             : namaku nunuk, bukan nuknuk! Fahimna niknik?
Ninik   ; la emang tu papan pengumuman punya simbah kamu, maen copot sembarangan. Tu artinya kamu memutus info penting yang mungkin akan bermanfaat bagi orang laen.
Nunuk : oke oke.. nanti malam aku akan sholat taubat. Tapi info ni bermanfaat banget buat aku. Dan inget ya nuk..simbahku udah meninggal. Knapa kamu bawa-bawa simbahku segala? Hiks .. Aku jadi sedih... (tertunduk lebay)
Nana    : oke stop! Tu poster apaan?
Nunuk : (kembali sumringah) jadi gini, ini ada pembukaan santri rumah tahfidz. Dengan menjadi santri rumah tahfidz kita bisa mendapatkan lingkungan yang kondusif! Dan yang paling penting adalah kita bisa bareng-bareng hafalan alquran. Sebagai teman kalian yang baik, dengan penuh hormat aku mengajak kalian daftar di sini.
Nana    ; what?! Aku? Latastig! Latastig! Latastig! (ekspresi sule)
Aku belum ada niatan hafalan. aku belum dewasa.
Nunuk : haizah! Ngeles banget. Ini aku dah ambil 3 formulir buat kita isi. Pokemon kalian harus ngisi. Ninik mau kan?
Ninik   : hehe.. sebenarnya aku dah tertarik untuk mendaftar kesitu. Tapi belum sempat ngambil formulir. So, aku mauuuuuuuuuuu!! (sambil memeluk Nunuk).
Nana : (langsung menyahut) dan aku nggak mau. Ini tu hak asasi ya..
Ninik : betul ! .. menuntut ilmu, mau menghafal al qur an adalah hak asasi kita. Jadi mari kita isi formulirnya.! Okay!
Nunuk : nana.. sebenernya aku tu khawatir sama keadaan kosmu. Masak pas kemarin aku kesana ada cowok bebas masuk kamar gitu. Trus pintu kamar ditutup. Iya sih alasane belajar bersama.. tapi belajar apa kaya gt. Hidihh..! aku akan mengamanmu. Aku Nunuk pahlwan kebajikan, melawan kemungkaran! (gaya pahlawan bertopeng).
Lagian, daftar ini pun belum tentu nanti kamu diterima. Ada seleksinya lo. Atau jangan-jangan kamu dah hafal 30 jus ya na?
Nana    : jangan salah.. (ekspresi sombong). aku adalah pembelajar sejati. Suka baca buku apapun, suka gethuk, dan menyayangi ikan. Up date berita terbaru. Aku suka menghafal dari kecil. Tau tabel sistem periodik? Huss lewat! Aku hapal di luar kepala! Nama planet, ibukota provinsi seluruh indonesia, nama pakaian adat, batas-batas indonesia, aku hafal di luar kepala. Tapi untuk al qur, an aku baru hafal 3 surat... 3 qul hu.. (tertunduk lesu)
Nunuk : ok. Ini nggak bisa dibiarkan lagi! Sini aku isiin formulirnya!

Hari demi hari berlalu. Nunuk yang semangat belajar, rajin sekali pergi ke perpus setiap hari (nunuk lewat panggung sambil membawa buku). Ninik yang kalem, sibuk dengan organisasinya (ninik lewat panggung sambil smsan). Dan nana yang lugu, masih hoby nongkrong di kantin kampus demi bakwan kawi kegemarannya (nana lewat panggung sambil memegang perut : “haduh laper ni” langsung duduk) Waktu cepat berjalan.. tibalah hari pengumuman itu. Saat nana duduk di kantin menikmati bakwan kawinya, Hpnya bergetar.. Nunuk menelepon.

Nana : assalamualaikum.. nuk kamu ganggu acara makanku, aku nggak mau tahu.. kam..
Nunuk : (memotong pembicaraan) wsalam. Haduh repot punya temen banyak cakap macam kau. Dengerin baik-baik. Ada pengumuman puenting! Siap?
Nana ; hmm..(menjawab dengan malas)
Nunuk : kamu, aku, dan Ninik sah diterima di rumah tahfidz. Minggu depan kita pindahan. Aku dah siapin jasa angkutan buat kita bertiga. Segera kemas-kemas barangmu . oke.
Nana : ta tapi...!
            (tut tut tut.. Telepon langsung terputus...)
Nana : idih maksa banget ni anak. (muka geram)

                        Tak terasa waktu pun berlalu. Ninik, nunuk, dan nana sudah melewati satu minggu berada di asrama. Nunuk adalah yang paling semangat hafalan. hal ini sungguh berbeda dengan keadaan nana yang hafalannya belum nambah-nambah. Pada minggu pagi di kamar mereka, nana sedang asyik menonton film di laptopnya sambil tiduran. Ninik pun menegurnya.

Ninik ; nana, kalau nonton film jangan sambil tiduran..
Nana : (sambil duduk) huft.. iya iya..
Ninik : lagian nonton film apaan sih?
Nana : mau tau aja. Ini nonton film buat ngerjain tugas juga jeng...
Ninik : tugas apaan suruh nonton film india gitu? Bukane kamu anak matematika ya?
                        Ngeles banget..
Nana : iya.. tapi ngerjain tugas mulu kan bisa pecah otak ni. Sekali-sekali butuh refreshing lah. Nanti kalau udah dapet semangatnya kan ngerjain tugas bisa lancar. Gitu..
Ninik : oke oke tapi ya na. Semangat tu muncul dari dalam hati kamu sendiri. Asal niatmu benar dan motivasimu bagus, insyaallah kamu bisa semangat tanpa perlu nonton film dulu... emmm...Tapi selama seminggu ini aku melihat perubahanmu cukup bagus..
Nana    : aku langsingan?
Ninik   : ih bukan.. tapi aku melihat kamu sudah menikmati tinggal di asrama sini kan. Sudah hilang kan rasa terpaksa di awal-awal?
Nana    : iya sih.. aku udah nggak sebel sama nunuk yang dulu maksa-maksa mulu. Di awal-awal aku merasa tersesat berada di sini. Aku merasa dijerumuskan! (ekspresi lebay). Tapi ternyata aku dijerumuskan dalam jalan yang benar. Kini semua berbeda.. aku merasakan ketenangan lebih dari sebelumnya, aku mendapatkan keluarga baru yang jos lah pokemon.!
Ninik : sip sip..! trus apa kabar qul hu-mu?
Nana    : qul hu apaan? Sory la yaw skrg hafalanku dah nambah.. aku dah nyampe qul yaaaaaaaaa...!!
Ninik   ; hehe alkhamdulillah (ninik mengelus pundak nana). semua pemain keluar panggung.

            Sebulan kemudian, tiga sahabat ini menunjukkan progres yang luar biasa. Mereka semakin akrab dengan alqur-an. Tiada hari tanpa alunan ayat al qur-an. Begitulah seharusnya kita, akrab dengan alquran.

Ditutup dengan intro nasyid “rumus canggih” dilanjutkan baca puisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar