Kamis, 07 Maret 2013

Waktu semakin berlari



Orang bilang, waktu adalah uang. Ini adalah motto ampuh bagi para pekerja sejati. Waktu adalah ilmu. Ini adalah motto seorang pembelajar sejati. Terlepas dari motto siapapun itu, tak dapat dipungkiri waktu adalah sesuatu yang sangat berharga dalam setiap momen dalam kehidupan kita. Kita lahir kapan, lulus kuliah kapan, menikah kapan, dan mati kapan. Semua adalah masalah waktu. Ada kalanya kita merasa sangat gembira. Namun ada kalanya kita akan merasa sangat sedih. Sedih akan berlalu seiring berjalannya waktu. Kita akan keriput seiring berjalannya waktu. Apakah berarti waktu itu mahal? Tidak juga. Buktinya Allah ngasih gratis ke kita.
            Menurutku, ungkapan yang tepat yaitu “waktu bagaikan pisau bermata 2”. Kadang ia bermanfaat, namun bisa juga sangat merugikan atau mencelakan kita. Contoh kecilnya dalah bangun tidur di pagi hari. Jika kita bisa bangun lebih awal, itu berarti kita sudah memanfaatkan waktu dengan baik. kita bisa mempersiapkan semua keperluan pada hari itu dengan baik dan tidak terburu-buru. Persiapan yang matang akan menentukan proses dan hasil akhirnya kan. Beda halnya jika kita bangun telat. Udah terburu-buru, ga maksimal, dan kadang ada saja yang ketinggalan.
            Semakin dewasa kita akan mengerti arti penting mengelola waktu. Dulu saat SD kita masih bisa main sepulang sekolah, dan masih bisa tidur siang. SMP kita masih bisa pulang telat hang out ma temen-temen. SMA kita mulai menambah luas pergaulan. Di kuliah, kita sudah mulai terpadatkan dengan bnayak kegiatan. Dan seiring bertambahnya kedewasaan, waktu yan kita punya semakin menyempit. Semakin kompleks yang kita pikirkan dan umur kita juga berkurang. Kalau saja waktu-waktu yang tersedia ini kita tidak gunakan dengan baik, yah siap-siap saja menyesal di hari tua. Sekarang mencuri, dipenjara bertahun-tahun, baru sadar bahwa berlalunya waktu tanpa melakukan hal yang bermanfaat adalah menyakitkan. Contoh lain adalah kebnayakan tidur dan nonton TV. Hmmm ya kan?
            Jurus yang paling ampuh adalah seperti lagunya Raihan. Ingat 5 perkara sebelum 5 perkara. Dah pada tau semua pastinya ya. Sehat sebelum sakit, tua sebelum muda, kaya sebelum miskin, lapang sebelum sempit, dan HIDUP SEBELUM MATI !. penyesalan yang tiada gunanya adalah di akhirat nanti. Nggak ada waktu lagi untuk tobat. So! Be productive start now!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar