Rabu, 12 Oktober 2016

MULTITALENTA atau GAGAL FOKUS???

Pertama, terima kasih bagi yang sudi mampir ke blogku yang isinya curhatan semua. Tahun ini aku berhenti mengisi diary dan mencoba untuk menulis di blog ini. Harapannya aku bisa menulis secara konsisten dan tulisanku bermanfaat bagiku terutama bagi pembaca.

Akir-akhir ini aku merenung. Bukan perenungan yang dalam sih..  Seperti kata pepatah bahwa sejarah akan berulang. Aku merasa pernah melalui keadaanku sekarang ini yaitu aku menghadapi banyak pilihan yang aku buat sendiri. Pernahkan kalian merasa ingin ini ingin itu banyak sekali..?*coba dibaca pake lagu Doraemon

Ingin ini ingin itu disini maksudnya adalah ingin melakukan ini ingin melakukan itu. Ingin bisa ini ingin bisa itu. Ingin mencapai ini ingin mencapai itu. Ingin terus berkarya. Ingin sekali menjadi sangat produktif. Ingin membuat percepatan. Karena apa? Karena umur semakin tua. 

Aku ingat dulu aku pernah membayangkan bagaimana ya nanti kalau aku dah umur 25 tahun. Impianku saat itu ya aku bisa ini bisa itu, Nyatanya alhamdulilla sekarang aku bisa ini bisa itu tapi jauh dari keadaan ideal yang kuimpikan dulu. Aku merasa waktu seakan berlari, dan aku ngesot.

Sejarah akan berulang. Aku sering mengalami gagal fokus seperti sekarang. Kejadian yang paling berkesan adalah di akhir tahun 2013 lalu. Watu itu aku memberanikan diri cuti dari kegiatan usaha yang sudah kurintis dengan teman-teman diarenakan ingin fokus menyelesaikan skripsi. Awalnya aku merasa akan bisa melalui semuanya dengan manajemen diri yang baik. Manajeman waktu dan energi harus bagus. Tapi kenyataan pahitnya adalah aku gagal di sidang pendadaran dan harus mengganti topik penelitian. Nangis deh waku itu saat harus ngabari Ibu di rumah tentang kegagalanku.Ternyata apa? Ternyata aku ini memang belum pandai memanajemen diri. Ilmu manajemen skala prioritas udah pernahbelajar sih, tapi pralteknya nol. 

Kalau kata Mas Jaya Setiabudi, orang yang nggak bisa fokus tu ngelesnya karena bermultitalenta. Tapi kalau kasusku ni, aku nggak ngeles bahwa aku multitalenta. Memang aku yang gagal fokus. Dah gitu aja. Nggak ada pembelaan diri.

Aku tu respect banget, salut banget, sama tokoh-tokoh yang bisa fokus dengan bidangnya sampai seolah-olah  hidupnya totalitas ke arah sana. Misalkan ni orang banyak tahu kalau Fatih Seferagic tu hafidz, Dewi Lestari itu penulis, Sally Giovany tu pengusaha sukses. Terlepas dari mereka yang punya banyak profesi ya.. Misalkan Oki Setiana Dewi tu aktris, ustadzah, penulis, desainer, hayo apa lagi? Wkwkwkwk.. Entah karena multitalenta atau tidak tapi menurutku memang fokus pada 1 bidang itu sangat susah.

Ingin ini ingin itu sebenarnya sah-sah saja. Tapi kalau semua dilakukan berbarengan, dijamin nggak maksimal. Kenapa? Karena nggak focus!

Ngutip ayat suci dikit ya biar semangat!

(QS.[94]. Alam Nasyrah : 7) : Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain.

Kerjakan satu persatu, dan bersungguh-sungguhlah alias fokus!

Coba view my profile, nggak fokus banget kan?! Ak ingin segera memokuskan diri. Muhasabah diri. Semoga yang susah buatku bisa mudah buat kalian.

Dikomentari yuks…

1 komentar:

  1. kalo gagal fokus mungkin karena ngerasa bisa multitasking juga

    BalasHapus